Selasa, Mei 20, 2025
Selayar
  • Login
  • BERANDA
  • PROFIL
    • VISI DAN MISI
    • TUGAS POKOK DAN FUNGSI
    • PROFIL SELAYAR
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DATA PEGAWAI
  • BERITA
  • EVENT DAN KEGIATAN
  • DESTINASI
  • SENI DAN BUDAYA
    • KEBUDAYAAN
    • CERITA RAKYAT
  • VIDEO
    • Video Pariwisata
    • Video Kebudayaan
    • Video Program Kegiatan
    • Video Disparbud in a Month
  • FASILITAS UMUM
    • TRANSPORTASI
    • AKOMODASI
    • PUBLIC SERVICE
    • KULINER
    • OLEH – OLEH
    • PAKET TRIP
    • TRAVEL AGENTS
  • DOKUMEN
    • Data Kunjungan Wisatawan Kepulauan Selayar
    • Dokumen PPID
    • Dokumen Lain
    • E Brochure
  • ADVERTORIAL
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • PROFIL
    • VISI DAN MISI
    • TUGAS POKOK DAN FUNGSI
    • PROFIL SELAYAR
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DATA PEGAWAI
  • BERITA
  • EVENT DAN KEGIATAN
  • DESTINASI
  • SENI DAN BUDAYA
    • KEBUDAYAAN
    • CERITA RAKYAT
  • VIDEO
    • Video Pariwisata
    • Video Kebudayaan
    • Video Program Kegiatan
    • Video Disparbud in a Month
  • FASILITAS UMUM
    • TRANSPORTASI
    • AKOMODASI
    • PUBLIC SERVICE
    • KULINER
    • OLEH – OLEH
    • PAKET TRIP
    • TRAVEL AGENTS
  • DOKUMEN
    • Data Kunjungan Wisatawan Kepulauan Selayar
    • Dokumen PPID
    • Dokumen Lain
    • E Brochure
  • ADVERTORIAL
No Result
View All Result
No Result
View All Result

Analisis Bahan Hasil Identifikasi Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar

oleh Sri Rahmah Ningsih, M.M

Disparbud Selayar by Disparbud Selayar
7 Oktober 2022

ANALISIS BAHAN HASIL IDENTIFIKASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

DESA WISATA DI  KAB. KEPULAUAN SELAYAR

 ( SRI RAHMAH NINGSIH.,M.M )

Benteng Selayar, 26 September 2022

 

Definisi Desa Wisata

Desa Wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi,akomodasi dan fasilitas pendukung. Desa wisata disajikandalam suatu struktur kehidupan masyrakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.                      Desa wisata biasanya memenuhisemua unsure wisata yang memiliki potensi daya tarik seperti wisata alam,wisata budaya dan wisata hasil buatan manusia.Desa wisata biasanya dibuat di satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasidan fasilitas lainnya . Desa Wisata secara keseluruhan mengintegrasikan semua unsure tersebut di suatu desa untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal setempat.

Komunikasi Pemasaran 

Komunikasi Pemasaran adalah merupakan suatu konsep yang terkini dalam bauran pemasaran yang dahulunya biasanya disebut dengan promosi. Kegiatan pokok komunikasi pemasaran destinasi pariwisata adalah menyebarkan informasi mempengaruhi dan mengingatkan penerima pesa atau dalam hal ini pasar besrta semua pihak yang berkepentingan.Sementara itu sasaran akhirnya adalah target penerima pesan dapat merespon sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh destinasi sebagai pengirim pesan.

 

Peran komunikasi sangat penting dalam bidang – bidang pariwisata, khususnya dalam aspek komponen pariwisata yang terdiri dari industry pariwisata , destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata dan kelembagaan pariwisata. Dunia pariwisata sebagai kompleks produk , memerlukan komunikasi untuk mengkomunikasikan pemasaran pariwisata, mengkomunikasikan aksesibilitas, mengkomunikasikan destinasi dan sumber daya kepada wisatawan dan seluruh stakeholder termasuk membentuk kelembagaan pariwisata.

Dalam komunikasi pemasaran pariwisata , kita mengenal 4 metode komunikasi yang digunakan , yakni :

  1. Komunikasi interpersonal

Proses komunikasi intrpersonal ini dapat berlangsung antara guide/professional guide – wisatawan , wisatawan – pengelola DTW  wisatwan – Pemerintah Desa, wisatawan – masyarakat setempat dan atau pemerintah desa – pengelola DTW dalam kaitannya dengan pelayanan kepariwisataan.

  1. Komunikasi Persuasif

Metode komunikasi persuasif , isi komunikasi bersifat mengajak atau membujuk pelanggan atau wisatawan untuk memilih suatu produk atau jasa. Dapat dilakukan secara langsung maupun lewat media informasi yang tersedia.

  1. Komunikasi massa

Bentuk komunikasi ini biasanya adalah presentasi seminar , dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Jurnal atau majalah yang berisi tentang ragam informasi kepariwisataan adalah merupakan contoh dari komunikasi massa.

  1. Komunikasi kelompok

Model komunikasi ini banyak digunakan dalam pembahasan – pembahasan yang mencakup persoalan – persoalan administrasi dan kebijakan dalam konteks kepariwisataan khususnya dalam pengelolaan pelayanan kepariwisataan . Biasanya lebih banyak melibatkan pemerintah , pemerintah desa , pengelola DTW , lembaga swasta, pemerhati pariwisata  dan atau mitra pariwisata.

Untuk menyusun strategi pemasaran pariwisata dan ekraf , berikut ini di  bahan hasil identifikasi strategi komunikasi pemasaran pariwisata dan ekraf yang harus dipersiapkan  oleh Pemerintah Desa / Pengelola DTW  Desa Wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar dalam menyusun strategi komunikasi pemasaran pariwisata dan ekraf sebagai berikut :

  1. Data Antropologi Desa Wisata
  2. Data Sosiologi Desa Wisata
  3. Data Demografi Desa Wisata
  4. Visualisasi Daya Tarik Wisata yang ada
  5. Hasil analisis trend peningkatan jumlah kunjungan wisatawan berdasarkan data kunjungan yang tersedia untuk menetapkan target pasar.
  6. Kondisi Aksesibilitas dan moda transportasi
  7. Kondisi amenitas dan atraksi , budaya , tradisi , religi dan lain – lain yang tersedia
  8. Aktifitas wisata dan potensi pengembangan pariwisata
  9. Menetapkan Brand wisata dan citra pariwisata yang menunjukkan keunikan dan kekhasan Desa Wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar
  10. Identifikasi Sumberdaya , industry dan kelembagaan pariwisata
  11. Menyiapkan Tourism Information Centre ( Pusat Informasi Pariwisata ) di sejumlah Desa Wisata yang ada du Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka memberikan informasi yang seluas – luasnya bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Hasil identifikasi bahan penyusunan strategi pemasaran pariwisata dan ekraf sebagaimana dijelaskan di atas, dapat digunakan oleh Pemerintah Desa / Pengelola DTW Desa Wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar dalam menyusun strategi pemasaran pariwisata dan ekraf secara lebih efektif dan rasional.

ShareTweetSendShare
Previous Post

Hasil Analisis Bahan Penyusunan Standar Pariwisata Berkelanjutan Kabupaten Kepulauan Selayar

Next Post

Hasil Analisis Bahan Penyusunan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Desa Wisata Bahuluang Kabupaten Kepulauan Selayar

Next Post

Hasil Analisis Bahan Penyusunan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Desa Wisata Bahuluang Kabupaten Kepulauan Selayar

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Kabupaten Kepulauan Selayar
Jl. Jendral Sudirman No.4 Benteng
Kabupaten Kepulauan Selayar


Email : humas.disparbudselayarkab@gmail.com
Instagram : @disparbud_selayar
Facebook : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar
Youtube Channel : Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kepulauan Selayar
  • BERANDA
  • PROFIL
  • BERITA
  • EVENT DAN KEGIATAN
  • DESTINASI
  • SENI DAN BUDAYA
  • VIDEO
  • FASILITAS UMUM
  • DOKUMEN
  • ADVERTORIAL

© 2021 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • PROFIL
    • VISI DAN MISI
    • TUGAS POKOK DAN FUNGSI
    • PROFIL SELAYAR
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DATA PEGAWAI
  • BERITA
  • EVENT DAN KEGIATAN
  • DESTINASI
  • SENI DAN BUDAYA
    • KEBUDAYAAN
    • CERITA RAKYAT
  • VIDEO
    • Video Pariwisata
    • Video Kebudayaan
    • Video Program Kegiatan
    • Video Disparbud in a Month
  • FASILITAS UMUM
    • TRANSPORTASI
    • AKOMODASI
    • PUBLIC SERVICE
    • KULINER
    • OLEH – OLEH
    • PAKET TRIP
    • TRAVEL AGENTS
  • DOKUMEN
    • Data Kunjungan Wisatawan Kepulauan Selayar
    • Dokumen PPID
    • Dokumen Lain
    • E Brochure
  • ADVERTORIAL

© 2021 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Translate »