ANALISIS BAHAN HASIL IDENTIFIKASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF
DESA WISATA DI KAB. KEPULAUAN SELAYAR
( SRI RAHMAH NINGSIH.,M.M )
Benteng Selayar, 26 September 2022
Definisi Desa Wisata
Desa Wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi,akomodasi dan fasilitas pendukung. Desa wisata disajikandalam suatu struktur kehidupan masyrakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Desa wisata biasanya memenuhisemua unsure wisata yang memiliki potensi daya tarik seperti wisata alam,wisata budaya dan wisata hasil buatan manusia.Desa wisata biasanya dibuat di satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasidan fasilitas lainnya . Desa Wisata secara keseluruhan mengintegrasikan semua unsure tersebut di suatu desa untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal setempat.
Komunikasi Pemasaran
Komunikasi Pemasaran adalah merupakan suatu konsep yang terkini dalam bauran pemasaran yang dahulunya biasanya disebut dengan promosi. Kegiatan pokok komunikasi pemasaran destinasi pariwisata adalah menyebarkan informasi mempengaruhi dan mengingatkan penerima pesa atau dalam hal ini pasar besrta semua pihak yang berkepentingan.Sementara itu sasaran akhirnya adalah target penerima pesan dapat merespon sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh destinasi sebagai pengirim pesan.
Peran komunikasi sangat penting dalam bidang – bidang pariwisata, khususnya dalam aspek komponen pariwisata yang terdiri dari industry pariwisata , destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata dan kelembagaan pariwisata. Dunia pariwisata sebagai kompleks produk , memerlukan komunikasi untuk mengkomunikasikan pemasaran pariwisata, mengkomunikasikan aksesibilitas, mengkomunikasikan destinasi dan sumber daya kepada wisatawan dan seluruh stakeholder termasuk membentuk kelembagaan pariwisata.
Dalam komunikasi pemasaran pariwisata , kita mengenal 4 metode komunikasi yang digunakan , yakni :
- Komunikasi interpersonal
Proses komunikasi intrpersonal ini dapat berlangsung antara guide/professional guide – wisatawan , wisatawan – pengelola DTW wisatwan – Pemerintah Desa, wisatawan – masyarakat setempat dan atau pemerintah desa – pengelola DTW dalam kaitannya dengan pelayanan kepariwisataan.
- Komunikasi Persuasif
Metode komunikasi persuasif , isi komunikasi bersifat mengajak atau membujuk pelanggan atau wisatawan untuk memilih suatu produk atau jasa. Dapat dilakukan secara langsung maupun lewat media informasi yang tersedia.
- Komunikasi massa
Bentuk komunikasi ini biasanya adalah presentasi seminar , dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Jurnal atau majalah yang berisi tentang ragam informasi kepariwisataan adalah merupakan contoh dari komunikasi massa.
- Komunikasi kelompok
Model komunikasi ini banyak digunakan dalam pembahasan – pembahasan yang mencakup persoalan – persoalan administrasi dan kebijakan dalam konteks kepariwisataan khususnya dalam pengelolaan pelayanan kepariwisataan . Biasanya lebih banyak melibatkan pemerintah , pemerintah desa , pengelola DTW , lembaga swasta, pemerhati pariwisata dan atau mitra pariwisata.
Untuk menyusun strategi pemasaran pariwisata dan ekraf , berikut ini di bahan hasil identifikasi strategi komunikasi pemasaran pariwisata dan ekraf yang harus dipersiapkan oleh Pemerintah Desa / Pengelola DTW Desa Wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar dalam menyusun strategi komunikasi pemasaran pariwisata dan ekraf sebagai berikut :
- Data Antropologi Desa Wisata
- Data Sosiologi Desa Wisata
- Data Demografi Desa Wisata
- Visualisasi Daya Tarik Wisata yang ada
- Hasil analisis trend peningkatan jumlah kunjungan wisatawan berdasarkan data kunjungan yang tersedia untuk menetapkan target pasar.
- Kondisi Aksesibilitas dan moda transportasi
- Kondisi amenitas dan atraksi , budaya , tradisi , religi dan lain – lain yang tersedia
- Aktifitas wisata dan potensi pengembangan pariwisata
- Menetapkan Brand wisata dan citra pariwisata yang menunjukkan keunikan dan kekhasan Desa Wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar
- Identifikasi Sumberdaya , industry dan kelembagaan pariwisata
- Menyiapkan Tourism Information Centre ( Pusat Informasi Pariwisata ) di sejumlah Desa Wisata yang ada du Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka memberikan informasi yang seluas – luasnya bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.
Hasil identifikasi bahan penyusunan strategi pemasaran pariwisata dan ekraf sebagaimana dijelaskan di atas, dapat digunakan oleh Pemerintah Desa / Pengelola DTW Desa Wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar dalam menyusun strategi pemasaran pariwisata dan ekraf secara lebih efektif dan rasional.