Jumat, Maret 31, 2023
Selayar
  • Login
  • BERANDA
  • BERITA
  • ADVERTORIAL
  • EVENT DAN KEGIATAN
  • PROFIL
    • PROFIL PEMERINTAHAN
    • PROFIL SELAYAR
  • BEST DESTINATION
  • DESTINASI
  • SENI & BUDAYA
  • FASILITAS UMUM
    • PETA
    • TRANSPORTASI
    • AKOMODASI
    • PUBLIC SERVICE
    • KULINER
    • OLEH – OLEH
    • PAKET TRIP
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BERITA
  • ADVERTORIAL
  • EVENT DAN KEGIATAN
  • PROFIL
    • PROFIL PEMERINTAHAN
    • PROFIL SELAYAR
  • BEST DESTINATION
  • DESTINASI
  • SENI & BUDAYA
  • FASILITAS UMUM
    • PETA
    • TRANSPORTASI
    • AKOMODASI
    • PUBLIC SERVICE
    • KULINER
    • OLEH – OLEH
    • PAKET TRIP
No Result
View All Result
No Result
View All Result

STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA SELAYAR

Oleh : SRI RAHMAH NINGSIH.,M.M

admin by admin
26 Juni 2022

Benteng Selayar, 22  Juni  2022

Promosi pariwisata merupakan komunikasi dalam pemasaran pariwisata untuk memasarkan potensi wisata , keunikan , keaslian dan keunggulan daya tarik wisata yang ada. Kegiatan promosi pariwisata dilaksanakan dengan 2 cara , yaitu promosi secara langsung , ditujukan kepada orang yang melakukan perjalanan wisata dan organisasi serta industry wisata lainnya. Berbagai bentuk promosi dilakukan baik secara lokal maupun internasional. Kegiatan biasanya dilakukan melalui publikasi ( baik media cetak dalam bentuk brosur, booklet ,flyer maupun elektronik/digitalisasi ). Promosi pemasaran pariwisata juga dilaksanakan melalui pameran wisata bahari/budaya,ekspo berskala local sampai nasional dan internasional.

Pengembangan pariwisata sangat  ditentukan oleh promosi dan pemasaran pariwisata. Daya tarik wisata menjadi dikenal oleh masyarakat luas dan dapat menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Pemasaran pariwisata ( marketing of tourism )  dipahami sebagai suatu usaha untuk mendekatkan dan mempermudah terjadinya pertemuan / transaksi antara sisi penawaran dan permintaan ( Sunaryo, dalam Fandelli,1995 ). Keseluruhan proses tersebut bermuara pada pencapaian tujuan untuk meningkatkan frequensi terjadinya transaksi pariwisata bagi suatu negara/masyarakat tertentu yang berbeda – beda sesuai dengan tujuan filosofi dari pembangunan bangsa/negara itu sendiri. Selain itu terdapat batasan pemasaran pariwisata yang digunakan sebagai penyesuaian yang sistematis dan terkoordinasi mengenai kebijakan dari badan – badan usaha wisata maupun kebijakan dalam sector pariwisata pada tingkat pemerintah lokal, regional dan internasional guna mencapai suatu titik kepuasan optimal bagi kebutuhan – kebutuhan kelompok pelanggan tertentu yang telah ditetapkan.

Pembangunan Kepariwisataan Nasional, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 05 Tahun 2011 menjelaskan bahwa arah pengembangan pembangunan kepariwisataan adalah sebagai berikut :

  1. Destinasi Pariwisata , meliputi : pembangunan daya tarik wisata atraksi pembangunan prasarana, penyediaan fasilitas umum, pembangunan fasilitas pariwisata,dan pemberdayaan masyarakat.
  2. Industri Pariwisata , meliputi : pembangunan struktur pariwisata, daya saing produk pemasaran, kemitraan usaha pariwisata, kredibilitas bisnis dan tanggung jawab terhadap lingkungan alam dan sosial budaya.
  3. Pemasaran Pariwisata , meliputi : pengembangan pasar pariwisata, pengembangan citra pariwisata , pengembangan kemitraan pemasaran pariwisata dan pengembangan promosi pariwisata.
  4. Kelembagaan Pariwisata , meliputi : pengembangan organisasi pemerintah, pemda , swasta dan masyarakat , pengembangan SDM dan pengembangan regulasi serta mekanisme operatif di bidang kepariwisataan.

Menindaklanjuti upaya pemasaran pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar  Bidang Pemasaran Pariwisata DISPARBUD Kepulauan Selayar merencanakan  langkah – langkah pemasaran pariwisata ( marketing plan ) sebagai berikut :

  1. Membidik pasar wisatawan domestik dan mancanegara bekerjasama dengan asosiasi pariwisata
  2. Mendorong biro perjalanan wisata bisa produktif dalam membuat paket wisata khususnya pariwisata Selayar yang aktraktif dan variatif
  3. Membuat Calender of Event Seni Budaya, MICE di Kepulauan Selayar
  4. Merancang paket perjalanan Bisnis Domestik dan Internasional
  5. Mengadakan Road Show dalam rangka Sales Mission ke daerah lain
  6. Melakukan evaluasi kinerja setiap 3 bulan sekali
  7. Promosi ke pasar sasaran yang tepat dan dilakukan secara berkala dan berkesinambungan melalui media sosial dan media cetak
  8. Melakukan pertemuan berkala dengan mitra baik pemerintah , perusahaan , pusat perdagangan , lembaga pendidikan , agent perjalanan, berpartisipasi dan atau mengadakan pameran mandiri.
  9. Melakukan kerjasama promosi dengan asosiasi pariwisata
  10. Membuat perjanjian kerjasama dengan pemerintah daerah , perusahaan , pusat perdagangan , lembaga pendidikan , agent perjalanan dan atau kelompok study banding ( MICE )

 

ShareTweetSendShare
Previous Post

Hibahkan Alat Qasidah Modern Kepada Pengurus Kelompok Qasidah Masjid Nur Ali, Kadisparbud Berpesan Supaya Alat Dimanfaatkan dengan Baik

Next Post

TANTANGAN PENGEMBANGAN PARIWISATA SELAYAR

Next Post

TANTANGAN PENGEMBANGAN PARIWISATA SELAYAR

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

KM Dharma Kartika III, alternatif transportasi bagi para wisatawan yang hendak menuju ke Selayar
Berita

KM Dharma Kartika III, alternatif transportasi bagi para wisatawan yang hendak menuju ke Selayar

by admin
11 Januari 2022
0

PT DLU (Dharma Lautan Utama), perusahaan swasta yang melayani transportasi laut dan penyeberangan feri di seluruh Indonesia mulai tanggal 23...

Read more
Tujuh Situs Bersejarah di Sulsel Diajukan Sebagai Cagar Budaya Provinsi

Tujuh Situs Bersejarah di Sulsel Diajukan Sebagai Cagar Budaya Provinsi

20 September 2021
Mesjid Tua Gantarang : Objek Wisata Religi di Kep. Selayar

Mesjid Tua Gantarang : Objek Wisata Religi di Kep. Selayar

5 Februari 2020
Tarsius, Hewan Unik dan Langka ini ada di Selayar

Tarsius, Hewan Unik dan Langka ini ada di Selayar

5 Februari 2020
Gong Nekara Tertua Ada Di Pulau Selayar

Gong Nekara Tertua Ada Di Pulau Selayar

5 Februari 2020
Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Kabupaten Kepulauan Selayar
Jl. Jendral Sudirman No.4 Benteng
Kabupaten Kepulauan Selayar


Email : disparselayar@gmail.com
Instagram : @disparselayar
Facebook : Dinas Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Selayar
Youtube channel : Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kepulauan Selayar
  • BERANDA
  • BERITA
  • ADVERTORIAL
  • EVENT DAN KEGIATAN
  • PROFIL
  • BEST DESTINATION
  • DESTINASI
  • SENI & BUDAYA
  • FASILITAS UMUM

© 2021 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • BERITA
  • ADVERTORIAL
  • EVENT DAN KEGIATAN
  • PROFIL
    • PROFIL PEMERINTAHAN
    • PROFIL SELAYAR
  • BEST DESTINATION
  • DESTINASI
  • SENI & BUDAYA
  • FASILITAS UMUM
    • PETA
    • TRANSPORTASI
    • AKOMODASI
    • PUBLIC SERVICE
    • KULINER
    • OLEH – OLEH
    • PAKET TRIP

© 2021 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Translate »