KM Dharma Kartika III, alternatif transportasi bagi para wisatawan yang hendak menuju...

KM Dharma Kartika III, alternatif transportasi bagi para wisatawan yang hendak menuju ke Selayar

961
0

PT DLU (Dharma Lautan Utama), perusahaan swasta yang melayani transportasi laut dan penyeberangan feri di seluruh Indonesia mulai tanggal 23 April 2021 mengoperasikan rute Makassar – Selayar dan Selayar – Makassar menggunakan KM Dharma Kartika III. Pembukaan rute Selayar – Makassar tentu saja disambut positif oleh berbagai pihak karena menambah opsi perjalanan dari Makasar menuju ke Selayar begitupun sebaliknya. Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali yang pada hari Jumat tanggal 30 April 2021 ikut serta dalam pelarayan KM Dharma Kartika III dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar tujuan Pelabuhan Rauf Rahman Benteng, Selayar mengatakan bahwa armada KM Dharma Kartika III nyaman dan aman digunakan. Beliau bahkan berharap agar jadwal trip Makassar – Selayar PP bisa ditambah agar masyarakat bisa terbiasa dengan armada KM Dharma Kartika III. Pernyataan Bupati Kepulauan Selayar tersebut tentu bukan tanpa alasan karena PT DLU selaku operator KM Dharma Kartika III sendiri pernah mendapat penghargaan diajang Transportation Safety Management Award ( TSMA ) 2019 sebagai Operator Terbaik Unggulan I ( Pertama ) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Pengoperasian rute ini juga semakin melengkapi layanan PT DLU di Sulawesi Selatan yang telah ada seperti rute Makassar-Bau-bau, Makassar-Surabaya, Makassar Batulicin hingga Parepare ke Balikpapan.

KM Dharma Kartika III yang digunakan PT DLU merupakan kapal berjenis Roro yang memiliki panjang 72 meter serta lebar 16 meter. Berdasar info dari vesselfinder.com, kapal ini merupakan kapal yang diimpor oleh PT DLU dari Jepang dan dulunya bernama kapal Takamatsu Maru yang dibangun pada tahun 1989. Fasilitas yang ada di kapal ini juga cukup lengkap, mulai dari panggung hiburan, kursi penumpang yang nyaman, ruang tidur kelas ekonomi, ruang kesehatan, serta tempat untuk berjemur. Dengan harga tiket untuk dewasa sebesar Rp. 130.000 (belum termasuk biaya pass pelabuhan), penumpang yang menggunakan kapal ini untuk menuju Selayar atau ke Makassar juga akan mendapat satu kali servis makan gratis untuk setiap penumpang. Sementara itu, untuk harga tiket penumpang anak sebesar Rp. 80.000 dan tiket penumpang bayi sebesar Rp. 20.000 (belum termasuk biaya pass pelabuhan). Bagi para penumpang yang hendak membawa kendaraan juga tidak akan mengalami kesulitan karena KM Dharma Kartika III dapat mengangkut kendaraan dan alat berat dengan tarif sebesar Rp. 170.000 untuk sepeda motor dibawah 250 cc dan Rp. 950.000 untuk mobil dibawah 2000 cc.

Jadwal perjalanan dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar pada hari Jumat pukul 20:00 WITA dan jadwal perjalanan dari Pelabuhan Rauf Rahman Benteng pada hari Minggu pukul 22:00 WITA (jadwal dapat berubah menyesuaikan kebijakan PT DLU) dengan estimasi lama perjalanan sekitar 9 jam.

Bagi anda yang berminat menggunakan KM Dharma Kartika III bisa menghubungi 0821 9148 0880 atau dapat langsung membeli tiket di Kantor Cabang PT DLU Selayar di Jl. Wahidin Sudirohusodo No. 48, Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Calon penumpang bisa juga memesan tiket kapal ini melalui aplikasi DLU Ferry yang aplikasinya dapat diunduh di Play Store. (Glenn)

IMG-20210420-WA0020

LEAVE A REPLY