Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Giat Bersih Pantai digelar di Kampung Penyu,...

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Giat Bersih Pantai digelar di Kampung Penyu, Kepulauan Selayar

33
0

Memperingati Hari Peduli sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari, ratusan orang terlibat pada aksi Bersih Pantai yang dilaksanakan pada objek wisata Kampung Penyu, Kepulauan Selayar, Minggu (21/2/2021).

Hadir perwakilan Taman Nasional Takabonerate, organisasi Pramuka, penggiat Gerakan Selayar Bebas Sampah Plastik (SBSP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan elemen lainnya.

“Ini menjadi bentuk kepedulian kita terhadap kondisi Kampung Penyu yang setiap tahunnya dipenuhi sampah yang terbawa arus laut,” ucap Faat Rudhianto dari Taman Nasional Takabonerate.

Sementara itu, Hasriani dari Gerakan Selayar Bebas Sampah Plastik menyampaikan pentingnya seluruh elemen memiliki perhatian lebih terhadap keberadaan sampah, terutama sampah plastik. “Sampah plasti tak hanya mengganggu estetika tetapi lebih dari itu, merusak ekosistem dan tatanan hidup ummat manusia,” ucapnya di lokasi acara.

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari. Kementerian Negara Lingkungan Hidup mencanangkan 21 Febuari 2006 sebagai Hari Peduli Sampah untuk pertama kalinya. Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

LEAVE A REPLY