Kunjungan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ke UPTD Museum Nekara

Kunjungan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ke UPTD Museum Nekara

166
0

Benteng, Kepala Dinas beserta rombongan staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar pada hari Kamis, 8 April 2021 melakukan kunjungan kerja ke UPTD Museum Nekara untuk bersilaturahim dengan segenap staf UPTD Museum Nekara. Turut serta dalam rombongan yaitu masing masing Kepala Bidang, Kepala Seksi, serta perwakilan staf dari masing masing Bidang yang ada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar. Kunjungan ini berkaitan dengan masuknya UPTD Museum Nekara dalam bagian dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar.

20210408_095138

Rombongan tiba di UPTD Museum Nekara pukul 10:00 WITA dan langsung disambut oleh Kepala UPTD Museum Nekara. Pada kunjungan kerja tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyampaikan sambutan, pesan dan masukkan kepada UPTD Museum Nekara terkait peningkatan pelayanan dan kelembagaan. Dalam sambutannya, Andi Abdurrahman, S.E, M.Si selaku Kepala Dinas mengatakan bahwa perjalanan pariwisata tidak bisa dipisahkan dari Museum. Museum selalu menjadi bagian dari pariwisata serta bagian dari kunjungan wisatawan. Museum juga bukan hanya sebuah lembaga, tetapi juga merupakan bagian dari cerita wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah. Beliau juga mengatakan tidak semua wilayah serta tidak semua Kabupaten di Indonesia bisa memiliki Museum. Ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendirikan atau membentuk sebuah Museum. Oleh karena itu, sudah sewajarnya apabila kualitas pelayanan bagi para pengunjung museum. Setelah  selesai memberi sambutan, para staf UPTD Museum Nekara dan rombongan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan saling berdiskusi dan menyampaikan pendapat untuk peningkatan pelayanan dan inovasi yang akan dilakukan. Dalam diskusi tersebut, pihak UPTD Museum Nekara menyampaikan keluhannya mengenai kurangnya tenaga khususnya sebagai Kurator dan Edukator untuk meningkatkan pelayanan di Museum Nekara. Kurator adalah pengurus atau pengawas institusi warisan budaya atau seni misalnya museum sementara Edukator adalah orang yang bertanggung jawab pada proses edukasi di museum dan tidak sekedar memandu pengunjung dalam menikmati pemeran museum. Latar belakang pendidikan yang dibutuhkan adalah Arkeolog dan Sejarah. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan berjanji akan berusaha memenuhi kebutuhan tenaga kurator dan edukator dengan berkomunikasi kepada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar agar dibuatkan lowongan CPNS untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

20210408_100412

Pada akhir acara kunjungan, pihak museum menyiapkan suguhan konsumsi kepada rombongan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan berupa Saronso dan berbagai makanan ringan sembari mendengarkan sambutan dari Camat Kecamatan Bontosikuyu yang juga datang ke Museum Nekara. Dengan adanya pelaksanaan kunjungan ini, diharapkan pelayanan dan inovasi Museum akan menjadi lebih baik sehingga masyarakat Selayar maupun wisatawan yang datang ke Kabupaten Kepulauan Selayar akan semakin tertarik untuk mengunjungi museum sebagai wahana rekreasi sekaligus wahana edukasi.(Glenn)

LEAVE A REPLY