Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar hadiri launching kawasan hutan...

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar hadiri launching kawasan hutan wisata Gojang di Desa Bontomarannu Kecamatan Bontomanai

59
0

Bontomanai, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menhadiri acara launching Hutan Raya Gojang yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Kepulauan Selayar di Desa Bontomarannu Kecamatan Bontomanai pada hari Sabtu tanggal 3 Juli 2021. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arief.

IMG-20210706-WA0009

Hutan Gojang merupakan kawasan hutan yang dikembangkan menjadi kawasan ekowisata, mensinergikan upaya konservasi lingkungan dengan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berbasis masyarakat.

Kepala Bappelitbangda Drs. H. Basok Lewa pada pelaksanaan survei Hutan Gojang pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa prospek dan potensi ekowisata yang dimiliki Hutan Kenari di Gojang ini cukup menjanjikan, terlebih Pohon Kenari di Gojang ini sebagian besar telah berumur hingga ratusan tahun dan memiliki luas sekitar 200 Ha lebih tentu menjadi daya tarik tersendiri, lokasinya pun didukung dengan panorama alam yang indah, deretan pengunungan dengan bentangan alam hijau yang menyejukan hati, udara segar dan sejuk, tempat ini bisa menjadi pilihan berwisata diakhir pekan.

Keunikan hutan ini, termasuk juga bagaimana masyarakat mengelola hutan dengan memanfaatkan buah kenari yang dihasilkan, serta melakukan proses pengolahan kenari yang masih tradisional menjadi daya tarik pariwisata yang apabila dikembangkan dengan baik dan berkelanjutan akan meningkatkan sumber pendapatan baik bagi masyarakat maupun pendapatan bagi daerah.

LEAVE A REPLY