Kemenpar Sosialisasikan KUR Untuk Pelaku Usaha Pariwisata Kepulauan Selayar

Kemenpar Sosialisasikan KUR Untuk Pelaku Usaha Pariwisata Kepulauan Selayar

296
0

Kementerian Pariwisata melalui Asisten Deputi Investasi Pariwisata pada Deputi Bidang Destinasi Pariwisata Kemenpar menggelar acara Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) diikuti oleh sebanyak 70 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Selayar, Andi Abdurrahman. Beliau mengatakan, “Pariwisata dan ekonomo kreatif adalah satu kesatuan yang tidak dapat bisa pisahkan, kita selaku pemerintah daerah berharap dengan adanya sosialisasi ini masyarakat dapat memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan peningkatan ekonomi di kepulauan selayar” (13/3).

Selanjutnya sambutan dan paparan dari Kepala Bidang InvestasiDestinasi Pariwisata Khusus, Kemenpar,Bapak Rudy P. Siahaan. Dalam sambutanya beliau mengatakan “Bahwa acara sosialisasi KUR Pariwisata merupakan wujud sinergi Asdep Investasi dengan Lembaga Pembiayaan untuk mendorong optimalisasi pengembangan UMKM pariwisata khususnya sebagai solusi atas permasalahan pembiayaaan UMKM yang masih sering dihadapi oleh pelaku usaha.

KUR menjadi kunci pengembangan pariwisata karena kini pelaku usaha bisa memanfaatkan KUR sesuai 12 bidang usaha pariwisata. acara sosialisasi KUR ini agar dimanfaatkan peserta untuk mengembangkan usahanya agar semakin maju dan bisa mengikuti perkembangan pariwisata, di mana nantinya di Selayar akan dikembangkan KEK Pariwisata”.

Beberapa narasumber yang hadir dalam acara itu diantaranya perwakilan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bapak Gunariyadi, Bank Nasional Indonesia (BNI), Bapak Muhammad Rais, dan Kementerian Koperasi dan UKM, Bapak Dendy Koswara. Narasumber memberikan pemaparan mengenai definisi KUR, tujuan KUR, serta teknis pengajuan KUR seperti dokumen pengajuan, agunan, pembayaran, dan peningkatan plafond pinjaman.

LEAVE A REPLY