Dinas Pariwisata dan Kebudayaan laksanakan kegiatan sosialisasi Program Desa Wisata di Desa...

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan laksanakan kegiatan sosialisasi Program Desa Wisata di Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu

101
0

Bontosikuyu, rombongan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan sosialisasi program Desa Wisata pada tanggal 11 April 2021 di Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Ikut serta dalam rombongan yaitu Kepala Dinas, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata serta beberapa staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Acara yang bertajuk “Sukses Program 100 Hari Bupati/Wakil Bupati, Program Desa Wisata Bersih, Indah, Ramah, Aman dan Nyaman Dalam Gerakan Membangun Desa Mandiri di Desa Patilereng (Pesta Berirama dalam Gerbang Sari)” juga dihadiri oleh Kepala Desa Patilereng selaku pihak tuan rumah, Camat Bontosikuyu, Kepala Polsek Bontosikuyu, Asisten I Pemerintahan, Kepala Dinas Kominfo SP, Kepala Dinas PMD, Ketua dan anggota organisasi masyarakat sadar wisata (MASATA), serta beberapa anggota masyarakat dan penggiat pariwisata Desa Patilereng. Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan juga program yang digagas oleh Camat Bontosikuyu yaitu pembentukan tim eksternal dalam rangka pelaksanaan aksi perubahan PKA Angkatan IV Tahun 2021 dengan judul Pengembangan Objek Wisata Punagaan Berbasis Kemasyarakatan (Bang Opu Berbakat). Kegiatan ini dilaksanakan di Punagaan Cafe, Pantai Punagaan, Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pada acara sosialisasi ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta beberapa kepala OPD lain yang ikut hadir juga turut memberikan sambutan sebelum acara dimulai. Dalam sambutannya, Bapak Andi Abdurrahman selaku Kepala Dinas menyampaikan mengenai obsesi besar Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar untuk menjadikan Selayar sebagai bandar maritim besar, pusat industri logistik,  dan pusat kawasan perikanan terpadu. Program unggulan lain yang juga akan direalisasikan adalah program Gerbang Sari yaitu Gerakan Membangun Desa Mandiri, oleh karena itu peran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan adalah mendukung program program Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar yang salah satunya adalah dengan pelaksanaan kegiatan ini yaitu kegiatan sosialisasi Desa Wisata di Desa Patilereng untuk mensukseskan Gerakan Membangun Desa Mandiri (Gerbang Sari). Kepala Desa Patilereng dalam sambutannya juga mengatakan pentingnya kolaborasi dari semua lini dan komitmen yang kuat agar program yang  telah direncanakan akan nampak hasilnya. Setelah penyampaian sambutan, acara ini dilanjutkan dengan kegiatan utama yaitu sosialisasi mengenai Desa Wisata kepada para pelaku wisata serta masyarakat Desa Patilereng.

Materi sosialisasi mengenai Desa Wisata sendiri dibawakan oleh Ibu Sri Nurnaningsih, selaku Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Dalam penjelasannya Ibu Ningsih menjelaskan apa itu Desa Wisata serta memberikan penjelasan perihal tiga komponen penting yang perlu diperhatikan sebelum membangun desa wisata yaitu kondisi desa sekarang, keaadaan masyarakat dan struktur organisasi, serta konsep desa wisata yang unik. Tak lupa juga disampaikan mengenai rencana pembenahan Daya Tarik Wisata yang ada di Pantai Punagaan yaitu berupa penambahan wahana kegiatan wisata air, penyediaan menu yang variatif, penyediaan galeri ekonomi kreatif, serta penyiapan sarana pendukung penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment). Setelah penyampaian materi, dilaksanakan juga diskusi, tanya jawab, serta masukan masukan mengenai pelaksanaan program yang telah dipaparkan oleh Ibu Ningsih.

Kegiatan sosialisasi berakhir sekitar pukul 15:00 WITA diakhiri dengan kegiatan foto bersama para staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan beserta para peserta yang hadir di acara sosialisasi ini. (Glenn)

20210410_150527

LEAVE A REPLY