Setelah Resmi Dilaunching, KMP Takabonerate direncanakan Tiba Di Selayar Bulan Desember

Setelah Resmi Dilaunching, KMP Takabonerate direncanakan Tiba Di Selayar Bulan Desember

54
0

Selayar – Setelah pada tanggal 4 November kemarin resmi diluncurkan di Kawasan PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Jalan Galangan Kapal Kota Makassar, Kapal Muatan Penumpang (KMP) Takabonerate direncanakan akan tiba di Kabupaten Kepulauan Selayar pada bulan Desember.

Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia Diana Rosa menyampaikan proses delivery kapal ke Kabupaten kepulauan Selayar akan dilakukan di awal bulan Desember 2020 ini.

Terkait dengan pembuatan KMP Takabonerate, Direktur Utama PT. IKI (Persero) juga mengatakan pembangunannya tidak lebih dari lima bulan. Menurutnya adalah sebuah kehormatan bagi PT IKI Persero karena telah diberi kesempatan untuk membangun satu unit kapal untuk Kepulauan Selayar.

“Kami telah berusaha totalitas untuk pembuatan kapal ini bersama seluruh tim work yang solid sehingga pembuatan KMP Takabonerate bisa kita selesaikan yang hingga hari ini rutenya sudah kita launching. Insya Allah tepat 23 Desember 2020 kita akan delivery kapal ini sesuai target kontrak,” terangnya.

Dalam sambutannya saat meresmikan KMP Takabonerate, Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan menyampaikan ucapan syukur atas hadirnya KMP Takabonerate 500 GT untuk Kabupaten Kepulauan Selayar. Beliau juga menjelaskan nama KMP Takabonerate diambil dari nama Taman Nasional yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar, yaitu Taman Nasional Takabonerate.

KMP Takabonerate sendiri adalah Kapal jenis Ro-Ro 500 GT yang bisa mengangkut kendaraan dan penumpang. Kapal ini rencananya akan melayani jalur penyeberangan Pelabuhan Pamatata menuju Pelabuhan Bira dan sebaliknya. Sebelumnya, penyeberangan Bira-Pamatata dilayani oleh KMP Kormomolin, KMP Balibo, dan KMP Bontoharu sesuai dengan jadwal yang diatur oleh PT. ASDP Indonesia Ferry. Diharapkan dengan bertambahnya armada kapal yang melayani penyeberangan Bira-Pamatata, masyarakat akan semakin mudah datang ke Kabupaten Kepulauan Selayar. (Glenn)

LEAVE A REPLY