Sedang Berlangsung Fase Muson Barat, Pantai-Pantai di Timur Pulau Selayar Kembali Jadi...

Sedang Berlangsung Fase Muson Barat, Pantai-Pantai di Timur Pulau Selayar Kembali Jadi Primadona

233
0
Pemandangan di sisi timur Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Foto: Amaliah Nur Sakinah)

Sedang berlangsungnya fase muson barat dimana angin dan arus di sebelah Barat Pulau Selayar, Sulawesi Selatan, sedang tidak bersahabat, menjadikan kawasan wisata di Pantai Timur Pulau Selayar, kembali jadi promadona.

Muson barat yang berlangsung dari Oktober sampai April menyebabkan tingginya gelombang laut dan angin kencang yang menjadikan objek wisata di pesisir barat Selayar tidak disarankan untuk dikunjungi wisatawan.

Pemandangan di Pantai Batulohe, Kepulauan Selayar (Foto: Risna Oktaviana)
Pemandangan di Pantai Batulohe, Kepulauan Selayar (Foto: Risna Oktaviana)

“Muson barat atau kerap kami istilahkan musim angin barat, memang menjadi momok bagi dunia pariwisata di Kepulauan Selayar. Pada fase itu arus dan angin relatif kurang bersahabat,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Selayar, Andi Abdurrahman beberapa waktu lalu.

Sementara itu, penggiat pariwisata Kepulauan Selayar, Patta Saleh, menyarankan wisatawan mendatangi pantai timur untuk aktivitas liburan. “Diving atau snorkeling tetap bisa dilakoni di pantai timur,” ucap pemilik Selayar Dive and Adventure tersebut.

pantai bonetappalang

Adapun lokasi wisata di pesisir timur Selayar yang direkomendasikan selama berlangsungnya fase muson barat, diantaranya Pantai Pinang, Pantai Bonetappalang, Punagaan, Batulohe dan Pantai Lansangiring.

“Untuk Pantai Pinang dan Bonetappalang, pengunjung harus dituntun guide karena lokasinya dikeloleh investor sehingga butuh komunikasi dan syarat tertentu untuk menyambanginya,” lanjut Patta Saleh.

 

LEAVE A REPLY