Penyerahan secara resmi Dokumen Pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kabupaten Kepulauan...

Penyerahan secara resmi Dokumen Pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar

25
0

Kamis, 22 Oktober 2020. Hari ini dokumen pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar yang diwakili oleh Pjs. Bupati Kepulauan Selayar secara resmi telah diserahkan kepada Sekretaris Dewan Nasional KEK. Penyerahan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dewan Nasional KEK, Pjs. Bupati Kepulauan Selayar, Kepala dan Sekretaris Dinas Kepariwisataan Kepulauan Selayar serta beberapa pejabat lain yang ikut ke Jakarta. Hal ini merupakan berita gembira bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar dikarenakan proses pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar semakin berproses.

Sebelumnya, pada tanggal 20 Oktober 2020 telah diadakan rapat virtual The 3rd Indonesia Investment Day Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Tahun 2020 di ruang video conference Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Selasa (20/10/2020) yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Bank Indonesia.

Setelah pelaksanaan rapat tersebut, Pjs. Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Asriady Sulaiman, S.IP., M.Si., menilai menjadikan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khsusus Pariwisata adalah sebuah langkah maju untuk memajukan daerah ini jauh lebih baik. Terlebih akan dirangkai dengan pengembangan kawasan industri Makassar, pengembangan pengelolaan sampah yang ada di Kota Makassar, termasuk menggabungkan kawasan industri yang ada di Maros dan Makassar.

“Dalam rapat tadi ada tiga proyek investasi di Sulsel yang akan dipromosikan, salah satunya adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Selayar / Special Economic Zone-Selayar. Khusus pembahasan KEK, Bank Indonesia dan pelaku usaha penting lainnya telah membahas peluang ini, bahwa Selayar mendapat perhatian khusus dalam menjadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata,” ucap Asriady.

Untuk target KEK, kata Asriady Sulaiman bahwa pelaku usaha telah mencoba menampilkan kepada dunia luar bahwa Selayar welcome untuk berinvestasi. Termasuk beberapa kawasan wisata baik yang ada di darat maupun yang ada di pulau yang butuh sentuhan baik itu intervensi regulasi dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sendiri.

Dengan adanya peluang itu, Asriady berharap tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, namun kita mengundang dunia usaha, dunia swasta, untuk ikut serta memberdayakan potensi yang ad di Kabupaten Kepulauan Selayar, termasuk pelibatan masyarakat lokal.

“Untuk itu masyarakat Selayar harus bersiap-siap, jangan hanya menjadi semacam slogan, atau hanya menjadi PR pemerintah saja. Karena itu saya berharap dunia usaha harus banyak ikut membantu rencana besar Pemerintah Pusat, Provinsi Sulawesi Selatan dan pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar,”

Sebagai closing statement Asriady berharap agar semua orang terlibat dalam rencana besar menjadikan Kabupaten Kepulauan Selayar ini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.

“Ini merupakan alternatif baru dalam menghidupkan perekonomian masyarakat berdasarkan potensi lokal yang ada di daerah. Karena itu ayo ke Selayar, kita bangun Selayar bersama,” tutup Asriady. (Glenn)

IMG-20201022-WA0006Sumber : Website Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar

LEAVE A REPLY