Desa Didorong Ikut Dukung KEK Pariwisata Kepulauan Selayar

Desa Didorong Ikut Dukung KEK Pariwisata Kepulauan Selayar

412
0
Kampung Tua Bitombang, salah satu Dusun yang dianggap prospektif untuk pengembangan Pariwisata Desa

Pemerintah Desa diharapkan memberi dukungan terkait akan ditetapkannya Kepulauan Selayar sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Pariwisata. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mendorong aktivitas pembangunan di tingkat Desa yang memiliki keterkaitan dengan pengembangan kepariwisataan.

Harapan itu mengemuka pada acara Sosisliasai Penyedia  Peningkatan Kapasitas Desa ( P2KTD ) yang berlangsung di Hotel Rayhan, Selasa (11/9/2018). Acara ini sendiri dihadiri oleh para Pendamping Desa dan Tim Pelaksana Inovasi Desa ( TPID ) di Kepulauan Selayar.

“Desa bisa menciptakan atraksi wisata berbasis lokal atau memberi stimulus pada pertumbuhan UKM yang memproduksi barang-barang seperti oleh-oleh, merchandise dan makanan khas di daerah masing-masing,” ucap Basok Lewa, Kepala Bappelitbangda Kepulauan Selayar yang menjadi pembicara pada acara tersebut.

Basok Lewa yang juga menjadi Ketua Tim Percepatan KEK Kepulauan Selayar menilai, pengembangan sektor UKM dan Pariwisata Desa sangat strategis karena akan menjadi penyangga dalam mendukung status Kawasan Ekonomi Khusus.

Status KEK Pariwisata Kepulauan Selayar, saat ini sedang dalam proses pengajuan dan ditargetkan bisa terealisasi pada tahun 2019 mendatang. Oleh Kementerian Pariwisata, Kepulauan Selayar dinilai sebagai selah satu daerah yang potensial untuk pengembangan KEK.

LEAVE A REPLY