Bagaimana Perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Kepulauan Selayar?

Bagaimana Perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Kepulauan Selayar?

30
0
Kawasan Pantai Barat di Pulau Pasi Gusung yang diperuntukkan pada rencana strategis Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Pariwisata Kepulauan Selayar

Kepulauan Selayar – Bagi anda yang mengikuti perkembangan Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar, pasti pernah mendengar apa yang disebut Kawasan Ekonomi Khusus atau disingkat KEK Pariwisata yang rencananya akan dikembangkan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sendiri adalah kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi dengan manfaat perekonomian tertentu. Tujuan utama pengembangan KEK adalah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, pemertaan pembangunan, dan peningkatan daya saing bangsa.

Kawasan Ekonomi Khusus

KEK dikembangkan melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategi dan berfungsi untuk menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing internasional.  Kehadiran KEK diharapkan membangun kemampuan dan daya saing ekonomi pada level nasional melalui industri- industri dan pariwisata bernilai tambah dan berantai nilai.

Pengembangan KEK bertujuan untuk mempercepat perkembangan daerah dan sebagai model terobosan pengembangan kawasan untuk pertumbuhan ekonomi, antara lain industri, pariwisata dan perdagangan sehingga dapat meningkatkan lapangan pekerjaan.

Hingga tahun 2020 ini sudah terdapat 15 KEK di Indonesia dengan rincian sebagai berikut.

Peta-Sebaran-KEK-Indonesia_20200217153755

Sekarang, bagaimana proses perkembangan KEK Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar sendiri?

Kilas balik, satu tahun yang lalu pada tanggal 26 Maret 2019 Menteri Pariwisata Republik Indonesia Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc., melakukan Kick Off Perencanaan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar yang ditandai dengan penabuhan gendang di Pendopo Rumah Jabatan Bupati. Arief Yahya mengatakan bahwa untuk menjadikan Kepulauan Selayar sebagai destinasi wisata berkelas dunia, maka Kabupaten Kepulauan Selayar harus memiliki Kawasan Ekonomi Khusus bidang pariwisata dengan menerapkan rumus 3 A, yaitu Atraksi, Akses, dan Amenitas atau Akomodasi. Saat itu, Bupati Kepulauan Selayar juga optimis dengan ditetapkannya Selayar sebagai KEK pariwisata, maka dampak positif yang besar akan segera diperoleh, dengan efek pengganda yang dimilikinya, mulai dari peningkatan pembangunan fisik, berkembangnya ekonomi wilayah, meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, serta bertambahnya penerimaan dari sektor pariwisata.

Satu tahun berselang, pada 4 September 2020 diadakan rapat mengenai progress pengusulan KEK Selayar yang diikuti oleh beberapa OPD yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dalam rapat tersebut, dibahas mengenai kelengkapan berkas yang akan diusulkan kepada Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus Republik Indonesia. Dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai rencana pengembangan wilayah yang akan digunakan untuk pengembangan KEK. Menurut PT Selayar Kepulauan Lestari selaku pengusul KEK di Kabupaten Kepulauan Selayar, kurang lebih lahan seluas 1.150 Hektar akan digunakan untuk pengembangan KEK Pariwisata dengan perkiraan investasi sebesar Rp. 15,3 Triliun untuk pembangunan tahap 1 yang meliputi Pembangunan Greenhost Marina Hotel & Convention, Kampung Nelayan Gusung Live In di Bontolebang, Pinang Luxury Dive Resort, Jetty & Camping/Glamping di Bahuluang, dan Luxury City Hotel Resort di Baloiya. Untuk melancarkan pembangunan kawasan tersebut, PT Selayar Kepulauan Lestari akan disokong oleh empat Anchor Investor yaitu Credo Group, Ayom Group, dan True Indonesia Tour and Travel.

Adapun hasil rapat memutuskan bahwa kelengkapan dokumen yang akan diajukan ke Dewan Nasional KEK berdasarkan PP No. 1 Tahun 2020 KEK sudah lengkap dan siap diajukan.

IMG-20200921-WA0000

Hari ini, tanggal 21 September 2020 setelah diajukan audience mengenai pengajuan Kabupaten Kepualauan Selayar, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan mendukung penuh Pengusulan KEK Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar. Diharapkan dengan dukungan dari Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, pengusulan dan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata akan berjalan sesuai harapan dan akan memberi manfaat khususnya bagi masyarakat Kepulauan Selayar. Kita doakan saja, semoga proses pengusulan KEK berjalan lancar dan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Ditulis oleh Glenn, 21 September 2020

LEAVE A REPLY